Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Saya membutuhkan mekanisme peminjaman fasilitas Fakultas
  • Saya membutuhkan Surat Keterangan Aktif Kuliah / Masih Kuliah.
  • Saya membutuhkan transkrip dengan legalisir digital.
  • Saya membutuhkan surat pengantar untuk kebutuhan PKL / magang.
  • Anda bisa mengajukan melalui halaman Portal Layanan Mahasiswa.
  • Saya ingin melakukan pendaftaran beasiswa di salah satu penyelenggara dibawah naungan pemerintah daerah/swasta namun nama Program Studi saya tidak tampil atau tidak ditemukan dalam form pendaftaran.
  • Untuk sementara seluruh prodi baru di UPN “Veteran” Jawa Timur belum bisa mengikuti program beasiswa dibawah naungan pemerintah pusat/pemerintah daerah/swasta dikarenakan database PDDIKTI belum dilakukan update untuk memasukkan nama-nama prodi baru.
  • Universitas akan terus memantau update data di PDDIKTI untuk memastikan data seluruh prodi sudah tercatat.
  • Saya membutuhkan mekanisme pelayanan terkait ajuan tanda tangan untuk lembar pengesahan PKL atau Skripsi di masa WFH.
  • Mahasiswa mengirimkan dokumen lembar pengesahan (PDF) melalui Email kepada Dosen Pembimbing dan selanjutnya secara internal akan diteruskan ke Dosen Penguji hingga Koorprodi. 
  • Koorprodi akan mengirim dokumen lembar pengesahan ke Fakultas untuk diberikan tanda tangan Dekan dan Stempel Fakultas (digital).
  • Fakultas akan mengirim dokumen lembar pengesahan kepada mahasiswa melalui Email dimana sudah ter-TTD Dekan dan Stempel Fakultas.
  • Mahasiswa bisa memeriksa status lembar pengesahan pada melalui link dibawah ini:
  • Wajib menggunakan akun resmi UPN Jatim untuk akses link diatas,
  • Link “Status Pengesahan” diatas berlaku mulai 22 Februari 2021,
  • Bagi yang menerima lembar pengesahan PKL/Skripsi sebelum 22 Februari 2021 maka NPM anda tidak masuk dalam daftar tersebut,
  • Lembar Pengesahan akan diproses berdasarkan urutan timestamp,
  • Lama proses antara 1-2 hari sejak diterima atau bergantung pada volume layanan online Fakultas Ilmu Komputer,
  • Jika NPM anda tidak ada dalam daftar maka lembar pengesahan PKL atau Skripsi anda belum diterima oleh Fakultas.
  • Harap menghubungi pihak Prodi untuk mengetahui detail status dari lembar pengesahan anda.
  • Silahkan menghubungi pihak Prodi melalui tombol “Ngobrol Langsung” dibawah halaman web ini dan pilih Representative sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Akun UPN Jatim saya kena suspend oleh Google, apa yang harus saya lakukan?
  • Jika akun UPN Jatim anda kena suspend oleh Google, maka anda telah melanggar Terms of Services dari Google dan harus segera melapor ke Admin Fakultas untuk dilakukan pemeriksaan status akun.
  • Jika terbukti melanggar dari Terms of Services dari Google, akun Email anda secara otomatis akan dihapus,
  • Untuk ajuan akun email baru diwajibkan membuat surat pernyataan ber-materai, scan dalam bentuk file PDF, dikirim melalui email kepada Kabag TU (tu.fik@upnjatim.ac.id) dengan cc Dekan, Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Komputer serta Koorprodi terkait.
  • Download Template Dokumen Surat Pernyataan melalui link dibawah ini.
  • Dikirim melalui Email dengan Subjek “Surat Pernyataan Terkait Pelanggaran ToS Google Workspace UPN Jatim”,
  • Dalam email yang dikirim wajib disertakan isi badan email berupa Nama Lengkap, NPM dan Program Studi serta pernyataan singkat terhadap kesalahan yang telah diperbuat.
  • Jika tidak bisa mengakses email UPN Jatim untuk keperluan mengirim Surat Pernyataan diatas bisa menggunakan email pribadi.
  • File pernyataan dalam bentuk fisik (print-out) wajib diserahkan maksimal 14 hari ke Kabag TU setelah mengirim melalui Email.
  • PENTING, akun email yang baru tidak akan sama dengan akun email yang lama (yang telah kena suspend) dikarenakan kebijakan oleh Google dimana akun yang telah kena suspend akan dihapus permanen.
  • PENTING, akun yang baru akan diberikan prefix tambahan berupa “.fik” setelah nomor NPM seperti 190810100XX.fik@student.upnjatim.ac.id, sehingga akan berpengaruh pada pengurusan surat dan seluruh layanan online Fakultas.
  • Saya telah melakukan reservasi peminjaman fasilitas Account Zoom melalui fik.upnjatim.ac.id/reserva, bagaimana langkah selanjutnya untuk penggunaan account tersebut?
  • Anda bisa membaca langkah selanjutnya pada pedoman yang telah disediakan secara detail di fik.upnjatim.ac.id/reserva.
  • Saya membutuhkan Surat Keterangan Kelakukan Baik dari Fakultas (SKKB), bagaimana saya bisa mengajukannya?
  • Dikarenakan layanan online khusus untuk ajuan SKKB belum tersedia maka untuk sementara bisa mengajukan langsung melalui email ke tu.fik@upnjatim.ac.id.
  • Subjek email wajib “Ajuan SKKB an (nama lengkap)” dengan menyertakan Nama Lengkap, NPM, Program Studi, Tempat dan Tanggal Lahir serta Alamat Lengkap pada isi email.
  • Dan perihal kebutuhan (syarat dari sebuah event/instansi) untuk Surat Keterangan Kelakuan Baik
  • Saya membutuhkan tanda tangan basah dari pimpinan atau staff Fakultas untuk berkas tertentu.
  • CONTOH: berkas wisuda sarjana, surat keterangan yang membutuhkan ttd basah atau berkas lainnya.
  • Pelayanan OFFLINE untuk tanda tangan basah pada masa WFH dibuka pada hari Senin dan Rabu (Jam 09:00 hingga 02:00), dengan membawa dokumen yang dibutuhkan.
  • Saya telah kehilangan Kartu Tanda Mahasiswa, apa yang harus saya lakukan?
  • Anda bisa mengajukan Surat Aktif Kuliah melalui halaman Portal Layanan Mahasiswa. Pada kolom keperluan diisi dengan menjabarkan bahwa untuk keperluan mengurus kehilangan KTM.
  • Surat Aktif Kuliah sebagai persyaratan kelengkapan berkas untuk mengurus surat kehilangan di kepolisian.
  • Setelah menerima Surat Aktif Kuliah, mahasiswa yang bersangkutan bisa segera ke kantor polisi setempat untuk mengurus Surat Keterangan Kehilangan.
  • Setelah mendapat Surat Keterangan Kehilangan dari pihak kepolisian segera ke BAKPK UPN Jatim untuk kepengurusan KTM baru.
  • Saya ada kendala dengan Email UPN Jatim seperti lupa password atau kendala login lainnya (@student.upnjatim.ac.id).
  • Untuk masalah dengan Email UPN Jatim bisa menghubungi salah satu nomor Admin UPT TIK dibawah ini.
  • Saya salah satu anggota Organisasi Mahasiswa / Komunitas Mahasiswa ingin mengajukan tanda tangan Dekan atau stempel Fakultas untuk dokumen ajuan kegiatan
  • Saya mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer membutuhkan TTD Koprodi, Wakil Dekan atau Dekan Fakultas dan Stempel Fakultas untuk sebuah dokumen pendukung terkait penelitian PKL atau Skripsi.
  • Saya dari Organisasi Mahasiwa / Komunitas Mahasiswa sebagai pihak penyelenggara sebuah event ingin mengajukan TTD Dekan + Stempel Fakultas untuk kebutuhan sertifikat.
  • Untuk mengajukan TTD Dekan dan Stempel Fakultas bisa melalui halaman Portal Layanan Mahasiswa, masuk ke Ajuan TTD Dekan dan Stempel Fakultas.
  • Saya ingin mengurus legalisir Transkrip atau Ijazah.
  • Pelayanan OFFLINE untuk legalisir pada masa WFH dibuka Setiap Hari Kerja (Jam 09:00 hingga 02:00), dengan membawa Transkrip / Ijazah ASLI, fotokopi Transkrip / Ijazah masing-masing sebanyak 5 / 10 lembar dan dimasukkan ke dalam stopmap yang telah diberi nama dan nomor handphone.
  • Saya telah mengikuti Yudisium dan ingin melakukan publish KRS/KHS namun tidak bisa karena tidak dapat login di SIAMIK.
  • Bagi mahasiswa yang telah mengikuti Yudisium tidak perlu melakukan kewajiban publish KRS/KHS ke PDDIKTI.
  • Saya adalah alumni FASILKOM, ingin melakukan pendaftaran program CPNS namun nama program studi saya tidak tampil pada formasi kualifikasi yang dibutuhkan, sehingga saya membutuhkan dokumen pendukung bahwa program studi saya masih satu rumpun dengan program studi di Fakultas Ilmu Komputer dalam gelar S.Kom. 
  • Dokumen pendukung terkait perihal tersebut tersedia di halaman Bantuan Online – Download.
  • Dokumen berupa Surat Keterangan Rumun Ilmu Program Studi S1 dan salinan dari Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor 46/B/HK/2019, tentang Daftar Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi.
  • Saya mahasiswa FASILKOM ingin mengajukan permohonan pindah universitas.
  • Untuk mengurus pindah Universitas, silahkan mengikuti seluruh langkah dibawah ini:
  • Membuat surat permohonan pindah universitas dengan ttd pemohon dan ttd orang tua (mengetahui),
  • Surat permohonan pindah universitas dan surat bukti pembayaran dikirim melalui email dalam format PDF ke Tata Usaha Fasilkom,
  • Subjek Email, “Permohonan Transfer an <nama lengkap> NPM <nomor NPM> ke alamat: tu.fik@upnjatim.ac.id,
  • Setelah dikirim ke Tata Usaha, menunggu balasan dari admin,
  • Admin akan mengirim template Surat Permohonan Transfer KOP Fakultas dalam bentuk file Microsoft Word .DOC,
  • Pemohon mengisi dan melengkapi Surat Permohonan Transfer tersebut,
  • Setelah Surat Permohonan Transfer diisi dan dilengkapi, pemohon mengirim kembali melalui email dengan melakukan “reply” dari email sebelumnya,
  • Admin akan memproses Surat Permohonan Transfer untuk pengajuan nomor surat, ttd Ketua Program Studi dan ttd Dekan Fakultas serta Stempel Fakultas,
  • Setelah selesai diproses, Admin mengirim kembali Surat Permohonan Transfer kepada pemohon,
  • Pemohon menyerahkan printout seluruh berkas diatas (Surat Permohonan Pindah Universitas, Bukti Pembayaran/Registrasi Terakhir dan Surat Permohonan Transfer) kepada Rektorat melalui Satpam.
Scroll to top