Ajuan Cuti Kuliah atau Transfer Universitas

DIWAJIBKAN MEMBACA PEDOMAN TERLEBIH DAHULU

Pedoman:

  • Membuat sendiri surat permohonan sesuai dengan kebutuhan (Cuti Kuliah / Transfer), dengan ttd pemohon (mahasiswa) dan orang tua / wali, dokumen WAJIB dalam bentuk format PDF.
  • Mempersiapkan berkas bukti pembayaran terakhir, dokumen WAJIB dalam bentuk format PDF,
  • Mengajukan surat pernyataan bebas perpus melalui Perpustakaan Pusat, surat bisa diajukan melalui CP yang telah disediakan di FAQ Bantuan Online.
  • Melakukan download dokumen Surat Permohonan KOP Fakultas sesuai kebutuhan (link “SP KOP Fakultas” tersedia di bawah),
  • Pemohon mengisi dan melengkapi Surat Permohonan Cuti Kuliah / Transfer KOP Fakultas,
  • Setelah Surat Permohonan Cuti Kuliah / Transfer KOP Fakultas diisi dan dilengkapi, upload seluruh berkas melalui Form yang telah disediakan (link “Input Form Ajuan” dibawah),
  • Admin akan memproses Surat Permohonan Cuti Kuliah / Transfer KOP Fakultas untuk mengajukan ttd Ketua Program Studi lalu ke Dekan Fakultas sebagai pihak yang mengetahui,
  • Setelah itu surat akan diberi nomor registrasi Surat Keluar dan Stempel Fakultas,
  • Terakhir, Admin akan mengirim Surat Permohonan Cuti Kuliah / Transfer KOP Fakultas kepada Sekretariat Umum (TU Rektorat) dan BAKPK Universitas melalui Email,
  • Konfirmasi persetujuan terkait permohonan cuti¬† kuliah / transfer bergantung dari keputusan Wakil Rektor I, Surat Balasan dari Wakil Rektor I berupa Surat Cuti akan disampaikan kepada pemohon melalui email,
  • Status terkini terkait ajuan anda bisa dilihat pada “Status Ajuan”.

Informasi tambahan terkait cuti kuliah (berdasarkan Buku Pedoman Akademik TA. 2020/2021)

  • Mahasiswa yang diperbolehkan mengambil Cuti Kuliah adalah mahasiswa yang mempunyai alasan kuat dan telah mengikuti pendidikan minimal dua semester serta tidak sedang terkena skorsing atau dievaluasi bagi kelangsungan pendidikannya.
  • Pengajuan Cuti Kuliah wajib sebelum masa KRS,
  • Cuti Kuliah hanya diberikan 1 (satu) semester, bilamana cuti kembali harus mengajukan pada smester berikutnya.
  • Lama Cuti Kuliah maksimal diambil selama dua semester secara terus menerus atau dengan penggal waktu.
  • Permohonan Cuti Kuliah diajukan kepada Dekan dan diketahui Dosen Wali (Penasehat akademik) dan Koordinator Program Studi,
  • Berkas ajuan Cuti Kuliah yang telah disahkan oleh Fakultas akan diajukan kepada Rektor melalui Biro Admik untuk diterbitkan surat cuti.
  • Cuti Kuliah tidak diperhitungkan dalam batas waktu studi dan evaluasi studi.
  • Ajuan Cuti Kuliah hanya bisa dilakukan pada awal semester,
  • Saat menjalani masa Cuti Kuliah, berkewajiban membayar biaya pendidikan sebesar 25% dari UKT dan khusus selama Pandemi Covid-19 tidak perlu melakukan pembayaran UKT.
  • Pada akhir masa Cuti Kuliah sebelum memasuki masa perwalian, mahasiswa bersangkutan harus mendaftarkan diri kembali ke BAKPK.
Scroll to top