Surabaya, Rabu, 17 Juli 2024 – Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur mengadakan acara Sharing Adjunct Professor dengan tema “Empowering Future Leaders: International Project Competition for Students”. Acara yang berlangsung di Ruang 108, Gedung 2 Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jawa Timur ini dihadiri oleh perwakilan dari BEM FASILKOM, HIMATIFA, HIMASIFO, HIMASADA, HIMABISDI, dan Komunitas ROBOTIKA. Materi pelatihan disampaikan oleh Assoc Prof. Mahardika Pratama dan Dr. Basuki Rahmat, S.Si., MT. dengan tujuan memberikan pembekalan kepada mahasiswa, serta meningkatkan kualitas mahasiswa dalam kompetisi di ajang internasional.


Materi pertama disampaikan oleh Dr. Basuki Rahmat, S.Si., MT. yang menekankan pentingnya semangat mahasiswa dalam bergerak cepat, berkomitmen tinggi dan memiliki strategi yang tepat. Beliau berharap mahasiswa dapat mengikuti kompetisi internasional dengan penuh komitmen dan semangat yang tinggi. Materi kedua disampaikan oleh Assoc Prof. Mahardika Pratama, yang menekankan bahwa IPK saja tidak cukup untuk bersaing di dunia internasional. Beliau menyarankan mahasiswa untuk menggali dan mendalami potensi diri, seperti menjadi peneliti dan melakukan riset. Beliau juga menyebutkan beberapa kompetisi dunia di bidang AI seperti LLM Merging Competition, Amazon Multi Task Online Shopping Challenge for LLMS, dan 3MT Competition.


Acara dilanjutkan dengan sharing session.Perwakilan dari BEM FASILKOM, HIMATIFA, HIMASIFO, HIMASADA, HIMABISDI, dan Komunitas ROBOTIKA menyampaikan pandangan mereka mengenai perlunya dukungan lebih dari fakultas, fasilitas yang memadai, serta koordinasi yang lebih baik. Mereka berharap adanya komunikasi yang lebih intensif antara fakultas dan mahasiswa, serta penyediaan fasilitas 24 jam untuk mendukung kegiatan kompetisi.


Menanggapi pertanyaan dari sharing session, Dr. Basuki Rahmat, S.Si., MT. dan Assoc Prof. Mahardika Pratama memberikan beberapa tanggapan penting. Pak Basuki menyarankan agar mahasiswa tidak menjadikan keterbatasan fasilitas sebagai halangan dan tetap berusaha semaksimal mungkin. Sementara itu, Prof. Mahardika menekankan pentingnya menemukan kompetensi inti dan fokus pada bidang yang ingin ditekuni untuk meraih prestasi sebanyak mungkin. Kedua pembicara ini memberikan dorongan semangat dan arahan yang berharga bagi mahasiswa untuk terus berkembang dan berprestasi di ajang internasional.