Okayama, 17 Oktober 2024 – Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) UPN Veteran Jawa Timur menjalin kerjasama dengan Departemen Sistem Informasi dan Komunikasi, Okayama University, Jepang, pada tanggal 17 Oktober 2024. Kerjasama dimaksudkan untuk peningkatan kapasitas bidang akademik dan penelitian antar kedua institusi.

Kegiatan kerjasama mencakup berbagai inisiatif, termasuk pengiriman dosen dari Fasilkom untuk menempuh program doktor di Okayama University. Diantaranya dua dosen dari Program Studi Sains Data FASILKOM UPN Veteran Jawa Timur.

Selain itu, kerjasama lain berupa kolaborasi riset antara dosen FASILKOM dengan Profesor dari Okayama University. Dimana salah satu profesor yang dimaksud, adalah Prof. Nobuo Funabiki. Beliau sudah beberapa kali memberikan kontribusi implementasi kerjasama kepada Fasilkom. Diantaranya beliau pernah menjadi Keynote Speaker di acara Information Technology International Seminar (ITIS), kerjasama Fasilkom dan IEEE, tahun 2020. Dan beliau juga berkenan menjadi Guest Lecturer di Fasilkom. Peluang kolaborasi riset juga beliau tawarkan untuk para dosen Fasilkom yang berminat. Kolaborasi ini diharapkan akan menghasilkan inovasi dan kontribusi baru dalam bidang teknologi informasi. Termasuk jika ingin mengambil program s3 di Okayama University.

Tidak hanya itu, selama kunjungan di Okayama University, tim FASILKOM juga mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan presentasi dan melakukan review disertasi mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di universitas tersebut. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan pengalaman kedua belah pihak dalam mengembangkan penelitian akademik.

Dalam kunjungan kerjasama dari Fasilkom, yang diwakili Dekan Fasilkom Prof. Novirina Hendrasarie, Wadek 2 Fasilkom, dan Korprogdi Magister Teknologi Informasi, diinfokan bahwa Dekan di Okayama University telah setuju untuk penandatanganan MOA sebagai tindak lanjut kerjasama. Kerjasama ini diharapkan dapat berkelanjutan dengan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan riset di kedua universitas.